Tentang

PEMBERDAYAAN.COM, Sekolah Pemberdayaan Masyarakat

PEMBERDAYAAN.COM merupakan manifestasi dari asa yang ada di qolbu saat dua dasarwasa terlewati dan terjebur dalam aktivitas dunia pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Sebuah gubug online yang dapat menampung beragam catatan aktifitas seputar dunia pemberdayaan masyarakat. Berbagi pengetahuan khususnya praktik baik, praktik cerdas merupakan aksi positif yang yang akan memperkaya muatan dan pengembangan dunia pemberdayaan masyarakat.

Untuk memfasilitasi kenyamanan pengunjung maka  dalam PEMBERDAYAAN.COM akan disajikan kategori: Desa, Teori, Advokasi, Pengembangan Kapasitas, CSR, Monitoring dan Evaluasi, . Sertifikasi Fasilitator Pemberdayaan. Untuk Kategori Desa, kami buatkan sub: perencanaan,  Badan Usaha Milik Desa, Kawasan, Agrobisnis, Agrowisata, dan Inovasi. Semoga kategori ini memadai untuk memfasilitasi kebutuhan pengunjung akan informasi yang berkualitas tentang pemberdayaan masyarakat. 

PEMBERDAYAAN.COM kami niatkan sebagai waqaf untuk pengunjung sekalian, semoga memberikan manfaat yang akan mendatangkan keberkahan. Untuk memperkuat kompetensi peggiat pemberdayaan masyarakat di negara tercinta juga sudah diberlakukan SKKNI Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat. Keputusan Menakertrans  RI nomor 81 tahun 2012 tentang  PENETAPAN RANCANGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA SEKTOR JASA KEMASYARAKATAN BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK JABATAN FASILITATOR PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENJADI STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA. Isi yang termaktub dalam SKKNI FPM  meliputi 18 unit kompetensi sbb:
  1. Membangun Relasi Sosial
  2. Mengoptimalkan Pemanfaatan Sumberdaya yang Ada di Masyarakat
  3. Mengembangkan Kesadaran Masyarakat untuk Berubah Menuju Kehidupan yang Lebih Baik
  4. Mengembangkan Kapasitas Sebagai Fasilitator
  5. Meningkatkan Aksesibilitas Antar Pemangku Kepentingan
  6. Membangun Visi dan Kepemimpinan Masyarakat
  7. Membangun Jejaring dan Kemitraan
  8. Membangun Solidaritas Sosial
  9. Mengembangkan Kapasitas  Kelembagaan  Masyarakat dan Pemerintahan Lokal
  10. Memperkuat  PosisiTawar Masyarakat
  11. Merancang  Perubahan Kehidupan Masyarakat
  12. Mengelola Pembelajaran di Dalam Masyarakat
  13. Menyiapkan Kader Pemberdayaan Masyarakat
  14. Mengembangkan Kemandirian Masyarakat
  15. Mengelola Konflik di Dalam Masyarakat
  16. Mengembangkan Sistem Kontrol Sosial
  17. Mengembangkan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat
  18. Memfasilitasi Penerapan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat di Bidang/Sektor Kegiatan Tertentu
PEMBERDAYAAN.COM akan menyajikan dinamika pelaksanaan sertifikasi profesi FASILITATOR PEMBERDAYAAN MASYARAKAT yang di lakukan seantero nusantara. Selain itu kami secara berkala juga akan mengulas masing-masing unit kompetensi tersebut sehingga menjadi menu pelajaran yang bisa diakses oleh publik. Tidak berlebihan jika kami berharap akan menjadi sebuah Sekolah Pemberdayaan Masyarakat Online.

Komitmen kami adalah menolong kebenaran, menegakkan keadilan, menebarkan kesalihan melalui perahu pemberdayaan masyarakat. Individu atau kelompok masyarakat yang terpinggirkan, kelompok rentan, warga kurang mampu, dst adalah sasaran pembelaan yang nyata. Kepada merekalah kami berpihak, hingga lahirnya sebuah perlakukan yang adil, setara, harmoni, dan memanusiakan manusia. Serangkaian proses yang terjadi diharapkan akan berkontribusi langsung bagi percepatan pencapaian kemandirian masyarakat dan kesejahteraan sosial yang adil.

Tidak ada harapan yang lain, kami selaku pengelola PEMBERDAYAAN.COM berharap kehadiran kami akan semakin mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan Anda sekalian, semoga bermanfaat dan barokah. Amien Ya Robbal Alamin