Pengalaman Mengikuti BSAFE on-line e-learning course Dari UNDSS

Baru beberapa haru bergabung menjadi konsultan disalah satu proyek yang ditangani UNDP, datang email untuk mengikuti training online BSAFE dari UNDSS. Sempat bertanya-tanya apaan lagi ini ya??? Tapi karena sudah kewajiban maka segera Hamba luangkan waktu untuk menuntaskan tugas ini.

 


Training BSAFE UNDSS

BSAFE adalah pelatihan kesadaran keamanan online baru. Seperti dugaan saya semula bahwa BSAFE bersifat wajib bagi semua personel PBB, termasuk staf, magang, dan konsultan. Karena hamba sekarang konsultan maka wajiblah ngikuti kegiatan ini. 

Setelah membaca dengan khusu’ dari halaman ke halaman saya dapatkan informasi bahwa menu BSAFE disajikan dalam beberapa bahasa antara lain: Inggris, Prancis, China, Arab, dan Rusia. Tentu peserta yang mengikuti bisa sesuai dengan bahasa yang diminati. Karena pasti pusing dan puyeng kalo pakai bahasa Rusia, Atau Arab, apalagi China, maka saya pilih bahasa Inggris saja decch, bisa dikit-dikit, heheheh 

Karena sebuah materi pelatihan online maka masing-masing orang beragam daya serapnya terhadap informasi yang disajikan, menurut saya juga tidak terlalu berat. Ya mungkin lebih banyak faktor bahasa saja yang membuat agak lama. Semoga lain waktu ada menu bahasa Indonesianya. Turut berharap dan berdoa, hehehe 

Test BSAFE

Test BSAFE dapat diselesaikan dalam waktu satu jam dengan syarat bahasa sudah tidak menjadi kendala. Tapi kalau masih belum lancar betul tentu dibutuhkan waktu yang lebih banyak. Untungnya menu online BSAFE sudah ramah seluler. Tapi saran saya akan dapat lebih nyaman mengaksesnya dengan menggunakan komputer/laptop saja. Akses website biasa tanpa perlu memasang plug-in tambahan. Tentu melalui mekanisme registrasi, konfirmasi via email seperti lazimnya pengamanan. 




Setelah sekian jam baca sana sini berurut maka mencoba test, dan hasilnya masih belum memenuhi passinggrade 80%. Tidak ada pilihan lagi diulang ikuti test lagi, dengan soal 50 buah maka kesalahan hanya ditoleransi sebanyak maksiamal 10 soal saja, Alhamdulillah bisa hanya salah 3 soal. Maka hamba selanjutnya berhak mendapat sertifikat. 

Sertifikat BSAFE

Ada menu untuk mengajukan sertifikat, dan hanya dalam waktu 5 menit saja sertifikat dalam bentuk PDF sudah diemail kepada kita. Sertifikat BSAFE tidak mengenal akan kedaluwarsa, sehingga bisa menjadi kenang-kenangan sepanjang hidup kita. Demikian pengalaman saya semohga manfaat ya.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

Artikel terbaru