Pemberdayaan Masyarakat Indonesia

PEMBERDAYAAN.COM adalah salah satu wujud dari obsesi saya untuk mempunyai sebuah wadah, online yang dapat menampung beragam rekaman aktifitas, aspirasi, dan pengalaman seputar dunia pemberdayaan masyarakat. Atas keyakinan bahwa berbagi adalah perbuatan yang bagus maka segenap muatan pengalaman, ilmu, komitmen, ketrampilan dalam dunia pemberdayaan masyarakat kami niatkan sebagai waqaf online untuk masyarakat Indonesia. Semoga mendatangkan manfaat yang barokah. Harapan kami serangkaian proses yang terjadi akan berkontribusi bagi percepatan pencapaian kemandirian masyarakat.

PEMBERDAYAAN.COM Mendapatkan domain ini sebuah kebetulan belaka, ketika coba-coba dan ternyata masih available maka dengan secepat kilat saya eksekusi sehingga bisa masuk dalam pelukan. Beberapa tahun silam PEMBERDAYAAN.COM sempat hadir dijagad maya kurang lebih setahun lamanya, namun sempat mengalami kelumpuhan karena serangan virus yang dirasakan agak nakal, sehingga pada akhirnya terbengkalai beberapa tahun. Namun pada saat ini semangat untuk bangkit telah datang, segenap energi telah terkumpul, semoga sekolah pemberdayaan masyarakat online  bisa menjadi sahabat online anda dalam berselancar mengarungi samudra pemberdayaan masyarakat di Indonesia.

Kategori PEMBERDAYAAN Masyarakat PEMBERDAYAAN.COM akan memfasilitasi para pengguna dengan mengusung beberapa katagori artikel seperti Teori, Pengembangan Kapasitas, Desa Membangun, Badan Usaha Milik Desa, Inovasi pemberdayaan, Membangun Kawasan, Monitoring dan Evaluasi Program. Sertifikasi Fasilitator Pemberdayaan. Kategori tersebut kami pilih guna semakin mendekatkan kepada kebutuhan informasi masyarakat terhadap tema tersebut. Disamping Katagori tersebut PEMBERDAYAAN.COM juga tidak lupa akan menyajikan bahasan seputar wira usaha: kewirausahaan, tantangan, kisah sukses serta pengalaman lapang: yang berisi tentang cerita pengalaman lapang, best practice. Satu lagi katagori yang menarik untuk disimak adalah tentang belajar monitoring dan evaluasi program pemberdayaan masyarakat.

PEMBERDAYAAN.COM akan membahas juga tentang lahirnya sebuah profesi baru di Indonesia yaitu fasilitator pemberdayaan masyarakat. Pengakuan negara atas lahirnya profesi ini ditandai dengan terbitnya Permen tentang SKKNI (standar kompetensi kerja nasional Indonesia) bidang Fasilitator pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya sebagai implementasi dari amanah untuk menjaga kualitas dari prmbrrdayaan masyarakat yang dilakukan maka dibutuhkan sebuah lembaga yang melakukan sertifikasi atas kompetensi Fasilitator pemberdayaan masyarakat. Setelah sekian tahun berproses maka lahirlah LSP-FPM untuk memfasilitasi sertifikasi profesi fasilitator pemberdayaan masyarakat, yang akan dilakukan secara bertahap terhadap pelaku pemberdayaan masyarakat.

Eksistensi Istilah PEMBERDAYAAN Pemberdayaan merupakan istilah yang semakin populer, dan sudah dipergunakan oleh semua kalangan baik swasta, pemerintah, ataupun aktifitas masyarakat lainnya. Namun tidak ada salahnya lain waktu kita akan kupan tentang arti pemberdayaan, pemberdayaan adalah, pemberdayaan artinya. Penggunaan istilah pemberdayaan terus merengsek sehingga lahir: pemberdayaan aparatur negara, pemberdayaan anak jalanan, pemberdayaan aparatur, pemberdayaan anak, pemberdayaan air, pemberdayaan anak putus sekolah. Bisa kita tebak masing-masing mempunyai sektor yang berbeda tetapi sudah mengadopsi penggunaan istilah pemberdayaan masyarakat dalam program lembaganya.

PEMBERDAYAAN Masyarakat dan Pembangunan Dalam penerapan pemberdayaan masyarakat telah pula melahirkan beberapa topik bahasan yang menarik antara lain; pengertian pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan masyarakat desa, pemberdayaan masyarakat pesisir, pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, pemberdayaan menurut para ahli, pemberdayaan manusia, pemberdayaan masyarakat bidang ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah. Rasanya topik yang menarik untuk dibahas bukan?, Pemberdayaan Masyarakat Bidang Ekonomi Baiklah, selain terkait masyarakat secara langsung pemberdayaan juga melahirkan keturunannya yaitu terkait masuknya aspek ekonomi sehingga lahir pula topik baru yang lebih khusus seputar: pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, pemberdayaan ekonomi masyarakat islam, pemberdayaan ekonomi keluarga, pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir, pemberdayaan ekonomi rakyat, pemberdayaan ekonomi umat, pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin, pemberdayaan ekonomi perempuan.

PEMBERDAYAAN Nelayan dan Wanita Pemberdayaan masyarakat kepada nelayan dan pesisir juga tidak ketinggalan, sehingga melahirkan topik-topik yang menarik untuk dikaji lebih dalam, antara lain: pemberdayaan nelayan, pemberdayaan negara maritim, pemberdayaan nelayan pesisir, pemberdayaan nelayan tradisional, pemberdayaan nelayan kecil dan pemberdayaan nelayan dalam upaya mengurangi kemiskinan. Geliat kaum wanita untuk menggapai kesetaraan dengan kaum pria melahirkan sejumlah topik yang menarik antara lain: pemberdayaan wanita, pemberdayaan gender, pemberdayaan wanita dalam bidang kesehatan, pemberdayaan wanita wirausaha, pemberdayaan wanita adalah, pemberdayaan wanita nelayan, pemberdayaan wanita tani. pemberdayaan perempuan, pemberdayaan perempuan dalam pembangunan, pemberdayaan perempuan di Indonesia.

Ragam Profesi PEMBERDAYAAN Tidak mau ketinggalan dengan topik seputar pemberdayaan, maka beragam profesi juga unjuk gigi sehingga bergema topik bahasan didunia maya seperti berikut: pemberdayaan pegawai, pemberdayaan pemuda, pemberdayaan penyuluh pertanian, pemberdayaan petani, pemberdayaan p3a, pemberdayaan bumn, pemberdayaan bp3k, pemberdayaan badan legislatif, pemberdayaan bidan, pemberdayaan bumd, pemberdayaan buruh migran, pemberdayaan berbasis komunitas, pemberdayaan bahasa indonesia, pemberdayaan bidang kesehatan, pemberdayaan birokrasi. Profesi yang lain juga unjuk kebolehan dalam pemberdayaan seperti: pemberdayaan guru, pemberdayaan gepeng, pemberdayaan gapoktan, pemberdayaan guru honorer, pemberdayaan generasi muda, pemberdayaan guru sebagai jabatan profesional, pemberdayaan guru melalui standar kompetensi.

PEMBERDAYAAN Sektoral Dunia usaha juga menyadari akan kelemahan yang ada dalam komunitasnya sehingga beragam upaya pemberdayaan dilakukan dengan melahirkan topik sbb: pemberdayaan umkm, pemberdayaan ukm, pemberdayaan umkm oleh pemerintah, pemberdayaan umat, pemberdayaan usaha mikro, pemberdayaan umat islam, pemberdayaan usaha garam rakyat, pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah, pemberdayaan umat islam untuk mewujudkan masyarakat madani, pemberdayaan umkm di indonesia. pemberdayaan tki, pemberdayaan tenaga pendidik non formal, pemberdayaan tenaga fungsional pustakawan di badan perpustakaan daerah provinsi jawa barat, pemberdayaan teknologi dalam pengelolaan lingkungan hidup, pemberdayaan toga, pemberdayaan teknologi dalam pembelajaran matematika.

PEMBERDAYAAN Tenaga Kerja Tenaga kerja diberagam matra juga tak luput dari sentuhan pemberdayaan sehingga kita tak asing lagi dengan dinamika istilah sbb: pemberdayaan tenaga kerja, pemberdayaan tenaga kependidikan, pemberdayaan tenaga kerja mandiri, pemberdayaan tenaga kerja, pemberdayaan tenaga kependidikan, pemberdayaan tenaga kerja mandiri, pemberdayaan sdm, pemberdayaan sosial, pemberdayaan sdm dalam organisasi, pemberdayaan sampah, pemberdayaan sebagai proses, pemberdayaan sumber daya air, pemberdayaan sumber daya manusia dalam organisasi, pemberdayaan siswa smk sebagai generasi penerus bangsa, pemberdayaan stakeholder, pemberdayaan sdm dalam pendidikan.

PEMBERDAYAAN Organisasi dan Hukum Yang tidak mau terlewat adalah dinamika organisasi dan hukum dalam memberdayakan beberapa aspek agar mencapai performa yang lebih baik. Upaya tersebut melahirkan topik bahasan di masyarakat antara lain: pemberdayaan organisasi, pemberdayaan odha, pemberdayaan organisasi kepemudaan, pemberdayaan organisasi adalah, pemberdayaan otonomi daerah, pemberdayaan ormas, pemberdayaan organisasi sosial, pemberdayaan orang miskin, pemberdayaan otak kanan, pemberdayaan orang cacat, pemberdayaan harta benda, pemberdayaan hak anak, pemberdayaan hukum masyarakat, pemberdayaan hukum bagi masyarakat, pemberdayaan hubungan sekolah dengan masyarakat.

PEMBERDAYAAN.COM hadir adalah sebuah keniscayaan, karena deretan topik pemberdayaan masyarakat yang telah bergulir di negeri ini, meliputi sejumlah bidang, sektor, dimensi, profesi sehingga semakin menegaskan bahwa PEMBERDAYAAN.COM hadir tepat waktu, dan tepat konteks. Tidak ada harapan lain dari kami selaku pengelola PEMBERDAYAAN.COM bahwa kehadiran kami semakin melengkapi pengetahuan Anda sekalian, semoga pengetahuan yang kami suguhkan bermanfaat dan barokah. Amien Ya Robbal alamin.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

Artikel sebelumnya